July 19, 2017

Tagged Under: ,

Karakteristik Bahan Kain Wool Peach atau Wolfis

Share




Bahan wolfis, kain wolfis atau woolpeach memang beberapa tahun belakangan ini banyak disebut-sebut sebagai salah satu bahan kain untuk membuat busana muslimah yang banyak dicari oleh muslimah. Dalam artikel berikut akan kami coba untuk menjelaskan apa dan bagaimana bahan wolfis atau woolpeach itu dan bagaimana pemakaiannya.

Nama asal kain ini adalah Woolpeach namun tersublimasi dengan lidah Indonesia menjadi kain Wolvis. Bahan Woolpeach atau wolfis adalah suatu bahan kain yang terbuat dari campuran antara katun,sutra, dan tambahan campuran serat sintetis. Bahan wolfis ini umumnya mempunyai ketebalan dibawah bahan jersey sehingga relatif lebih tipis, ringan. Akan tetapi walaupun tipis, kelebihan bahan woolpeach ini adalah tidak tembus pandang. Karakteristiknya halus, adem, ringan, namun tidak transparan, sehingga cocok untuk wilayah tropis. Bahan ini sering dipakai sebagai busana muslim. Bahan ini juga mempunyai kelebihan yang lain yaitu karena dibuat dari campuran serat sintetis, warna printing pada Woolpeach bisa lebih hidup daripada kain jenis lainnya seperti chiffon, sutera, saten, katun,dan lain-lain.

Bahan yang satu ini terkadang disebut sebagai Woolpeach, Wolfis, Wolfiz, Kain Arab, dan juga Kain Arob. Woolpeach adalah jenis kain yang bisa langsung menjadi busana tanpa perlu furing lagi, bisa juga dibuat sebagai sax dress, khaftan mini, jilbab atau hijab dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Sahabat. Lebar dari kain wolfis ini bervariasi, mulai dari 115 cm dan ada juga yang berukuran 150 cm.
Bahan wolvis sering juga disebut sebagai salah satu jenis kain arab. Tapi penyebutan disini bukan berarti kain ini diproduksi di Arab, namun penyebutan kain arab di sini adalah untuk menggolongkan bahan ini yang biasa di ekspor ke Timur Tengah. Lebar kainnya 150 cm jadi pas untuk membuat Abaya Ra's tanpa menyambung kain.

Ciri-ciri dan Karakteristik Bahan Kain Wolfis atau Woolpeach

Kain atau bahan wolfis memiliiki karakteristik yang istimewa, yaitu:
1.memiliki serat yang halus dan rapat
2.bahannya tebal tetapi ringan
3.tidak panas sehingga nyaman dipakai
4.tidak mudah kusut
5.tidak transparan
6.tidak licin
7.hargnya terjangkau
8.kain atau bahan wolfis mudah disetrika, tetapi harus hati-hati jangan terlalu panas karena kain dan bahan ini tidak tahan panas.
Untuk warna, bahan kain wolfis ini sebenarnya mempunyai banyak warna pilihan yang dapat Sahabat pakai sesua dengan selera. Tetapi orang Timur Tengah lebih memilih warna hitam sebagai bahan Abaya, sehingga kain wolfis yang diekspor ke Timur Tengah biasanya berwarna hitam. Setelah sampai di sana kemudian kain ini dicelup lagi dengan warna hitam pekat untuk menjadi kain Jet Black. Warna hitam ini banyak sekali dipakai oleh orang Arab menjadi busana wanita, karena warna hitam adalah "warna wanita" sedang kebalikannya warna putih untuk kaum laki-laki.

Sent from my iPhone

0 comments:

Post a Comment

Admin tidak menjawab komentar di blog..
Silahkan hubungi nomer kontak yang tertera di keterangan.
Thanks :)